Minggu, 13 Mei 2012

0 Sistem Aliansi

Pada saat memuncaknya peran dingin, setiap negara yang bertentangan berusaha memperkuat dirinya dengan berbagabung dalam suatu aliansi. Aliansi ini sesuai dengan polarisasi kekuatan dua negara adikuasa, yaitu Amerika Serikat dengan Uni Soviet (Rusia). Dunia terbagi dengan 2 blok yang saling bertentangan, keadaan seperti ini mempengaruhi perkembangan dunia.

Beberapa bentuk Aliansi antara lain sebagai berikut

-The Comunist Inforamation Bureau (COMINFORM)
dibentuk tahun 1947 sebagai wadah kerja sama partai-partai komunis eropa yang berpusat di beograd, yugoslavia


-North Atlantic Treaty Organisation (NATO)
 didirikan pada tahun 1949. ANggota NATO antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman Barat, Belgia, Luksemburg, Norwegia, Irlandia, Denmark, Portugal, Italia, Yunani,, Belanda, Turki.. Mula mula NATO bermarkas di Paris, Perancis. Namun setelah Perancis keluar dari NATO, markas besar NATO di pindah ke brussel, Belgia. Perancis keluar dari NATO karena Perancis beranggapan bahwa NATO di dominasi oleh Amerika Serikat. Sejak itu, Perancis lebih dekat kepada Uni Soviet dan Cina meskipun tidak menjadi anggota blok timur. NATO merupakan pakta pertahanan yang berprinsip jika salah satu anggota di serang maka anggota negara lain akan di bantu.

-Pakta Ustralia, New Zealand, and United State (ANZUS)
Pakta pertahanan antara negara Amerika Serikat, Australia, dan New Zealand (Selandia Baru) yang di dirikan tahun 1951

-Pakta Warsawa 
di bentuk pada tahun 1955. Pakta Warsawa merupakan kerja sama pertahanan negara negara komunis di kawasan Eropa Timur. Anggota Pakta Warsawa antara lain Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslavia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania.

-South East Asia Treaty Organization (SEATO)
dibentuk tahun 1954 SEATO merupakan kerja sama pertahanan antara negara negara Asia Tenggara dengan pihak barat. Anggotanya terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Filipina, Singapura, Thailand.

-Central Treaty Organization (CENTO) 
Pakta pertahanan yang bertujuan membendung pengaruh komunis. pakta ini didirikan oleh irak, iran, turki, pakistan, dan inggris di bagdad (irak) pada tahun 1955. pada tahun 1958, Amerika Serikat menggabungkan diri dengan pakta ini


About the Author

I'm Author description here. Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these sentences with your own descriptions. Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter My user

    Other Recommended Posts

  • All About Perang dunia 2

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top